Dampak Surat Edaran Kemenpan RB, 17.500 Tenaga Honorer di Pemprov Banten Terancam

- Jumat, 3 Juni 2022 | 20:48 WIB
Menpan RB Tjahjo Kumolo mengatakan Tenaga Honorer tidak memiliki pengupahan yang jelas (menpan.go.id)
Menpan RB Tjahjo Kumolo mengatakan Tenaga Honorer tidak memiliki pengupahan yang jelas (menpan.go.id)

FAKTAIDN - Sebanyak 17.500 tenaga honorer di Provinsi Banten terancam kehilangan pekerjaannya usai Kemenpan RB mengeluarkan surat edaran tentang penghapusan tenaga honorer yang akan diberlakukan pada 28 November 2023 mendatang.

Hal itu disampaikan Ketua Forum Honorer (Pegawai Non PNS) Non Kategori Provinsi Banten, Taufik Hidayat. Menurutnya, jumlah tersebut merupakan tenaga honorer yang ada di Provinsi Banten yang tersebar di 43 OPD se-Banten.

"Itu meliputi tenaga guru sebanyak 10.500 dan 7.000 tenaga administrasi dan tenaga penyuluh," kata Taufik saat dihubungi melalui telepon seluler, Jumat (3/6/2022).

Baca Juga: Politisi Gerindra Minta PPDB di Banten Jangan Jadi Ladang Bisnis

Ia pun mengaku miris atas keluarnya surat edaran Kemenpan RB yang akan menghapus tenaga honorer pada tanggal 28 November 2023 mendatang. Karena menurutnya, hal itu hanya akan membuat ribuan orang di Provinsi Banten yang sebelumnya bekerja sebagai tenaga honorer akan menjadi pengangguran.

"Keluarnya surat edaran Kemenpan RB itu saya sangat miris, artinya pemerintah tidak melihat peranan para honorer yang telah mengabdi belasan tahun. Ini sangat mengecewakan kami, karena ini akan menciptakan ribuan pengangguran baru khususnya di Banten," ungkapnya.

Pasalnya, disampaikan Taufik, jika kebijakan pembukaan tes PPPK dan CPNS yang dilakukan oleh pemerintah tidak memberikan solusi bagi permasalahan yang dihadapi para tenaga honorer. Itu disebabkan lantaran kuota penerimaan tidak seimbang dengan jumlah tenaga honorer yang ada di Banten.

Baca Juga: Ganjar dan Prabowo Disebut Berperang Perebutkan Pemilih Jokowi

Belum lagi menurutnya, pembukaan tes PPPK dan CPNS ditingkat daerah yang dibuka untuk umum membuat peluang tenaga honorer yang sudah bertahun-tahun mengabdi menjadi semakin terhimpit lantaran harus bersaing dengan pelamar baru lulus kuliah yang secara kemampuan pengetahuannya masih fresh.

Halaman:

Editor: Rizal Muhammadi

Sumber: Fakta Banten Online

Tags

Artikel Terkait

Terkini

97 Pendaftar Berebut 7 Kursi Bawaslu Banten

Sabtu, 2 Juli 2022 | 07:22 WIB

Opar "Legowo" Jika Bapenda Banten Direformasi

Rabu, 29 Juni 2022 | 05:18 WIB
X