Curangi Takaran, SPBU di Kibin Serang Ini Raup Untung Hingga Rp7 Miliar

- Kamis, 23 Juni 2022 | 05:30 WIB
Polda Banten Gelar Ekspose terkait Kasus SPBU yang melakukan kecurangan (FaktaIDN/Yandi)
Polda Banten Gelar Ekspose terkait Kasus SPBU yang melakukan kecurangan (FaktaIDN/Yandi)

FAKTAIDN - Berbuat curang dengan cara memainkan takaran Bahan Bakar Minyak (BBM) yang keluar dari mesin pengisian BBM, seorang manajer SPBU Gorda di Kabupaten Serang, BP (68) dan sang pemilik SPBU Gorda, FT (61) diringkus polisi pada hari Senin (6/6/2022) lalu.

Pengungkapan kasus tersebut berawal dari keluhan masyarakat yang merasa heran saat melakukan pengisian di SPBU Gorda di Jalan Raya Serang - Jakarta KM.70 Kecamatan Kibin, Kabupaten Serang tersebut yang dirasa tidak sesuai takaran sesungguhnya.

Diketahui, Para pelaku telah berbuat curang dalan penjualan BBM di SPBU yang dikelolanya sejak tahun 2016 silam.

Baca Juga: Reaksi Politisi PDIP soal Ikhtiar Reformasi Birokrasi yang Digulirkan Pj Gubernur Banten

Tak tanggung-tanggung, dari perbuatan itu para pelaku bisa menghasilkan keuntungan mencapai Rp5 juta per hari atau secara total telah mengantongi keuntungan sekitarRp7 miliar rupiah.

"Dalam memperdagangkan BBM jenis Pertalite, Pertamax, Pertamina Dex, Dexlite dan solar yang mengakibatkan tidak sesuai ukuran takaran timbangan atau jumlah selain menurut ukuran yang sebenarnya. Para pelaku berbuat curang dalam menjual BBM dan dapat untung sebesar Rp 4 - 5 juta per hari dengan jumlah keuntungan sekitar Rp7 miliar," ungkap Kasubbid I Industri Perdagangan dan Investasi (Indagsi) Ditreskrimsus Polda Banten, Kompol Chandra Sasongko kepada awak media, Rabu (22/6/2022) di Mapolda Banten.

Uniknya, para pelaku melakukan kecurangan dengan memodifikasi mesin pengisian BBM dengan sejumlah perangkat yang bisa dikendalikan melalui remote control.

Baca Juga: Jelang Deklarasi Prabowo Presiden 2024, Gerindra Banten: Siap Menangkan!

Sejumlah barang bukti berupa 2 remote control, 4 alat relay yang terpasang pada masing-masing mesin pengisian BBM, 1 bundel slip setoran margin, 1 bundel slip setoran surplus, 4 unit handphone, 4 unit CPU dan 7 bundel arsip berita acara permodalan SPBU nomor : 34-42117 turut diamankan polisi dari tangan para pelaku.

Halaman:

Editor: Rizal Muhammadi

Sumber: Fakta Banten Online

Tags

Artikel Terkait

Terkini

97 Pendaftar Berebut 7 Kursi Bawaslu Banten

Sabtu, 2 Juli 2022 | 07:22 WIB

Opar "Legowo" Jika Bapenda Banten Direformasi

Rabu, 29 Juni 2022 | 05:18 WIB
X