• Sabtu, 13 Agustus 2022

ALIPP Desak Al Muktabar Audit Seluruh Samsat di Banten

- Selasa, 28 Juni 2022 | 14:38 WIB
Uday Suhada, Direktur Eksekutif ALIPP (Facebook/ Uday)
Uday Suhada, Direktur Eksekutif ALIPP (Facebook/ Uday)

FAKTAIDN - Direktur Eksekutif Aliansi Lembaga Independen Peduli Publik (ALIPP), Uday Suhada mendesak agar Pj Gubernur Banten, Al Muktabar segera mengaudit seluruh Samsat yang ada di lingkungan Pemprov Banten.

Permintaan itu bermula pasca mencuatnya kasus penggelapan pajak di Samsat Kelapa Dua, Tangerang. Terlebih, hasil audit dari Inspektorat dan BPKP menunjukkan adanya kerugian negara yang fantastis.

Total kerugian itu kata Uday, berbeda dengan nilai uang yang dikembalikan para tersangka kasus tersebut. Dia juga menyebut pengembalian uang sebesar Rp5,9 miliar yang diklaim sebagai ganti rugi itu dinilai tak berdasar.

Baca Juga: 8 ABK Indonesia Terlantar di Korsel, AMC Minta Pemerintah Bantu Pulangkan

"Ini menunjukkan bahwa pengembalian uang sebesar 5,9 miliar itu tanpa dasar. Para tersangka saya yakini ada yang mengendalikan," duga Uday dalam keterangannnya, pada Selasa, 28 Juni 2022.

"Dari hasil Audit Tujuan Tertentu (ATT) yang dilakukan Inspektorat dan tim Satgas BPKP itu, maka patut diduga kuat ada pihak lain yang harus bertanggung jawab atas sisa kerugian pemasukan kas daerah sekitar 4 miliar lainnya," sambungnya.

Pegiat Antikorupsi ini meminta juga kepada Kejati Banten, agar tak boleh ada keraguan untuk memanggil kembali para pihak yang diduga mengetahui kasus tersebut.

Baca Juga: Gubernur NTB Sebut Lokasi MXGP Samota Terbaik di Dunia

"Tak terkecuali kepala Samsat setempat yang katanya menantu mantan Gubernur WH," ucapnya.

Halaman:

Editor: Rizal Muhammadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kekerasan Seksual di Banten Makin Darurat?

Jumat, 29 Juli 2022 | 05:27 WIB
X