• Sabtu, 13 Agustus 2022

DPUPR Banten Sulap Situ Cipondoh Menjadi Wisata Ekologis

- Jumat, 1 Juli 2022 | 10:53 WIB
Situ Cipondoh Tangerang akan diubah jadi Wisata Ekologis (Foto: DPUPR Banten)
Situ Cipondoh Tangerang akan diubah jadi Wisata Ekologis (Foto: DPUPR Banten)



FAKTAIDN - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Provinsi Banten tahun 2022 ini melakukan penataan Situ Cipondoh, Kota Tangerang. Penataan Situ Cipondoh akan dikerjakan perusahaan kontraktor pemenang tender, yakni PT Legenda Bukit Konstruksi, dengan nilai kontrak Rp24,2 miliar.

Kepala DPUPR Provinsi Banten Arlan Marzan ST, MT mengatakan, ada beberapa pekerjaan yang akan dilakukan dalam penataan Situ Cipondoh. Di antaranya pekerjaan persiapan, galian situ, penataan landscape, jogging track sepanjang 350 meter, dan pembuatan floating market atau bisa disebut pasar terapung.

Menurut Arlan, sesuai perjanjian kontrak antara DPUPR dan PT Legenda Bukit Konstruksi, pekerjaan itu dimulai pada 14 Juni sampai 10 Desember 2022, atau kurang lebih enam bulan.

"Konstruksi bangunan itu nantinya didominasi oleh beton precast, sehingga harapan kami waktu pelaksanaannya bisa lebih singkat dan bisa tepat waktu sesuai kontrak kerja," ujar Arlan.

Tampak pekerja membersihkan eceng gondok di situ Cipondoh (Foto: DPUPR Banten)

Arlan menjelaskan, nantinya joging track tidak hanya untuk fasilitas olahraga untuk masyarakat, tetapi juga menjadi multi fungsi yakni untuk jalan akses pemeliharan situ dan ruang publik untuk masyarakat khususnya masyarakat kota Tangerang.

"Nanti para pedagang yang ada sekarang, akan diatur dan ditata agar lebih tertib dan lebih baik. Landscape yang ditempati pedagang saat ini ditata agar lebih terbuka, dan bisa digunakan masyarakat umum untuk menikmati pemandangan di Situ Cipondoh yang lebih nyaman," jelas Arlan.

Arlan juga menjelaskan, masyarakat yang datang ke Situ Cipondoh tidak harus membeli makanan di lokasi floating market, akan tetapi bisa membawa makanan sendiri dari rumah dan menikmati makanan tersebut di area situ yang sudah tersedia.

"Kami ingin Situ Cipondoh nantinya bisa dinikmati oleh semua lapisan masyarakat tidak mengenal strata sosial, dan tidak dipungut biaya, sehingga betul-betul menjadi ruang terbuka publik atau ruang terbuka hijau sebagai wisata ekologis," ungkapnya.

Diketahui, dari 137 situ di Banten yang menjadi aset atau barang milik daerah, yang sudah bersertifikat baru ada dua situ, yakni Situ Cipondoh dan Situ Gede. Sesuai data yang tercatat di sertifikat, luas area Situ Cipondoh mencapai 126 hektare.

Halaman:

Editor: Rizal Muhammadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kekerasan Seksual di Banten Makin Darurat?

Jumat, 29 Juli 2022 | 05:27 WIB
X