Mahasiswa Polban Manfaatkan EBT Bangun Instalasi Listrik di Lokasi Pengungsian Korban Gempa Cianjur

- Jumat, 2 Desember 2022 | 12:00 WIB
Manfaat EBT, Mahasiswa Polban bangun instalasi listrik di lokasi korban gempa Cianjur (Faktaid/ist)
Manfaat EBT, Mahasiswa Polban bangun instalasi listrik di lokasi korban gempa Cianjur (Faktaid/ist)

 


FAKTAIDN - Tim Gabungan yang terdiri dari Mahasiswa Politeknik Negeri Bandung (Polban) bekerja sama dengan Komunitas Solar Generation dan Jabar Quick Response (JQR) memanfaatkan EBT atau gabungan dari energi baru (EB) dan juga energi terbarukan (ET) untuk membantu pemulihan kelistrikan di lokasi pengungsian korban musibah gempa bumi Cianjur, Jawa Barat.

Tim Gabungan tersebut dengan tindakan cakap dan tanggap menyisir desa-desa terdampak gempa Cianjur.

Diketahui, Solar Generation sendiri merupakan komunitas yang membidangi para generasi muda yang melek akan generasi baru, bersih dan terbarukan.

Baca Juga: KJP Plus Desember 2022 Sudah Cair, Kapan Distribusi Kartu ATM KJMU, Ini Kata UPT P4OP

Sedangkan JQR sendiri adalah kanal aduan kemanusiaan bagi masyarakat Jawa Barat, yang hadir untuk memberikan solusi atau pertolongan pertama bagi permasalahan yang bersifat kemanusiaan dan darurat, seperti bencana gempa bumi di Cianjur, Jawa barat. 

M. Abdillah Faqih selaku Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Keluarga Mahasiswa (KEMA) Politeknik Negeri Bandung mengatakan, gerakan kemanusiaan tersebut awalnya didorong karena adanya informasi terkait gempa bumi di Cianjur, Jawa Barat yang meluluhlantahkan lokasi kejadian dan menelan korban jiwa.

"Jadi sebetulnya gerakan ini bermula saat saya dan teman-teman sedang berkumpul lalu mendengar informasi bencana gempa di Cianjur," kata Ketua BEM KEMA Polban saat diwawancarai pada Jumat, 2 Desember 2022.

Baca Juga: Komisi I DPR Gelar Fit and Proper Test Calon Panglima TNI Hari Ini

Ia melanjutkan dirinya dan teman-temannya terdorong untuk memberikan pertolongan atau bantuan kepada para korban bencana alam gempa bumi di Cianjur, namun bantuan yang ia berikan tidak seperti para relawan kemanusiaan lain yang memberikan bantuan makanan, minuman, pakaian dan lain-lain.

Halaman:

Editor: Rizal Muhammadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X