Siap Siaga Tanggulangi KLB Penyakit, Dinkes Banten Latih Tim Gerak Cepat di Puskesmas

- Rabu, 7 Desember 2022 | 20:00 WIB
Hadapi KLB, Dinas Kesehatan Provinsi Banten Latih Tim Gerak Cepat (TGC) Puskesmas (Faktaidn/ist)
Hadapi KLB, Dinas Kesehatan Provinsi Banten Latih Tim Gerak Cepat (TGC) Puskesmas (Faktaidn/ist)

FAKTAIDN - Agar siap siaga menanggulangi Kejadian Luar Biasa (KLB) Penyakit, Dinas Kesehatan Provinsi Banten melatih Tim Gerak Cepat (TGC) Puskesmas.

Kegiatan Pelatihan Penanggulangan KLB dan Wabah bagi Tim Gerak Cepat di Puskesmas  secara resmi dibuka oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Banten, Ati Pramudji Hastuti di Hotel Le Dian, Kamis, 1 Desember 2012.

Dikatakan Ati, bahwa berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 40 Tahun 1991 tentang Penanggulangan Wabah Penyakit Menular dan Peraturan Menteri Kesehatan No.501 Tahun 2010 tentang Penyakit Tertentu yang Dapat Menimbulkan Wabah, KLB perlu dideteksi secara dini dan diikuti tindakan yang cepat dan tepat.

Baca Juga: Tingkatkan Mutu Pelayanan Kesehatan di Fasyankes, Dinkes Banten Lakukan Penugasan Khusus Tenaga Kesehatan

"Perlu diidentifikasi adanya ancaman KLB beserta kondisi rentan yang memperbesar risiko terjadi KLB agar dapat dilakukan peningkatan kewaspadaan dan kesiapsiagaan menghadapi kemungkinan KLB.

Atas dasar inilah, sangat dibutuhkan peningkatan kapasitas tenaga puskesmas, khususnya TGC di fasilitas pelayanan kesehatan tingkat pertama,"ujarya.

KLB penyakit menular dan keracunan makanan masih menjadi masalah kesehatan masyarakat karena dapat menyebabkan jatuhnya korban.

Baca Juga: Ini Klarifikasi Dinkes Banten soal Papan Informasi Pembangunan RSUD Cilograng

"Peningkatan angka kesakitan dan kematian akan banyak menyerap anggaran biaya yang besar dalam upaya penanggulangannya. Hal ini tentunya berdampak pada sektor ekonomi, pariwisata serta berpotensi menyebar luas lintas kabupaten/kota, provinsi, bahkan antar negara," jelasnya.

Diare, campak, difteri, demam berdarah, dan keracunan makanan adalah jenis penyakit yang sering menyebabkan KLB di Indonesia,

Halaman:

Editor: Rizal Muhammadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X