• Selasa, 7 Desember 2021

MK Putuskan UU Cipta Kerja Inkonstitusi Bersyarat, Tanda Menangnya Buruh?

- Jumat, 26 November 2021 | 10:42 WIB
Majelis Hakim Mahkamah Konstitusi (MK) menyatakan bahwa Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja bertentangan dengan
Majelis Hakim Mahkamah Konstitusi (MK) menyatakan bahwa Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja bertentangan dengan

 

FAKTAIDN - Mhkamah Konstitusi (MK) telah memutuskan, bahwa Undang-undang Nomor 11 Tahun 2020 Tentang Cipta Kerja (UU Ciptaker) inkonstitusional bersyarat.

Atas keputusan ini MK memerintahkan agar pembentuk Undang-undang Cipta Kerja yakni Pemerintah dan DPR untuk dapat memperbaiki UU tersebut.

Dalam putusannya, MK memberi tenggat waktu selama dua tahun agar UU Cipta Kerja diperbaiki. Putusan itu dibacakan oleh Ketua MK Anwar Usman dalam sidang uji formil UU Cipta Kerja yang disiarkan secara daring, Kamis, 25 November 2021.

Baca Juga: Kronologi Lengkap Pembunuhan Sarah, dari Janji Manis Sampai Berakhir Tragis

“Menyatakan pembentukan Undang-Undang Nomor 11 tahun 2020 tentang Cipta Kerja bertentangan dengan Undang-Undany Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan tidak mempunyai kekuatan hukum mengikat secara bersyarat sepanjang tidak dimaknai, tidak dilakukan perbaikan dalam waktu dua tahun sejak putusan ini diucapkan,” kata Anwar seperti dikutip FaktaIdn dari law-justice.co, Jumat, 26 November 2021.

Anwar menyatakan, bila tidak diperbaiki dalam tenggat waktu dua tahun, maka menjadi UU Ciptaker tersebut inkonstitusional secara permanen.

Baca Juga: Mau Lahiran Anak Kedua, Raffi Ahmad dan Nagita Slavina Mohon Doa

"Menyatakan apabila dalam tenggang waktu dua tahun pembentuk Undang-Undang tidak dapat menyelesaikan perbaikan UU Nomor 11/2020 tentang Cipta Kerja maka undang-undang atau pasal-pasal atau materi muatan undang-undang yang telah dicabut atau diubah oleh UU Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja harus dinyatakan berlaku kembali,” ujarnya.

Halaman:

Editor: Rizal Muhammadi

Sumber: Law Justice

Tags

Terkini

Waspadai Kekerasan Berbasis Gender di Media Sosial

Minggu, 28 November 2021 | 20:01 WIB
X