Jadi Mafia Tanah, Kades Carita Akhirnya Ditangkap Polda Banten

- Jumat, 17 Juni 2022 | 09:44 WIB
Tersangka Mafia Tanah di Carita yang juga seorang Kades (FaktaIDN/Yandi)
Tersangka Mafia Tanah di Carita yang juga seorang Kades (FaktaIDN/Yandi)

FAKTADIN - Seorang Kepala Desa Carita di Kabupaten Pandeglang yang masih aktif, US (63) dan satu warganya SHJ (63) ditangkap Polda Banten lantaran menjual tanah seluas 1,2 hektare milik orang lain dengan memalsukan tanda tangan si pemilik aslinya.

Kejadian bermula saat US diberi kuasa melalui surat kuasa untuk mengurusi sebidang tanah milik Ari Indyastuti pada tahun 1999 silam.

Hal itu lantaran saat itu Ari Indyastuti memutuskan untuk pindah rumah dari Carita, Kabupaten Pandeglang ke daerah Solo, Jawa Tengah.

Baca Juga: Beredar, Mantan Gubernur Banten Wahidin Halim Resmi Miliki Kartu Anggota Partai NasDem

Dalam perjalanannya, pada tahun 2012, US justru malah menjual tanah tersebut kepada sejumlah orang dengan dibantu SHJ yang merupakan adik ipar dari si pemilik tanah tersebut.

Dimana tanah seluas 1,2 hektare tersebut dijual secara terpecah-pecah sesuai kebutuhan pembeli.

"Jadi awalnya Ibu Ari Indyastuti ini memberi surat kuasa kepada tersangka US untuk mengurus tanah miliknya saat itu US belum menjadi Kepala Desa. Karena saat itu pemilik tanah ini pindah ke Solo. Tapi sama tersangka US ini malah dijual, awalnya pada tahun 2012 sebagian. Namun sampai tahun 2021 masih terus melakukan transaksi. Jadi 1,2 hektare itu ditransaksikan selama 10 tahun dipecah-pecah hingga mendapat keuntungan hingga Rp1,2 miliar," kata Kabag Binopsnal Ditreskrimum Polda Banten, AKBP Nuril Hadi kepada awak media di Mapolda Banten, Kamis, 16 Juni 2022.

Baca Juga: DPRD Banten dan Kejati Bangun Kerjasama, Ingin Perangi Korupsi?

Bahkan berdasarkan hasil pemeriksan polisi, diduga tersangka US pun menggunakan hasil penjualan tanah tersebut dalam kontestasi Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di tahun 2021 lalu hingga akhirnya terpilih sebagai Kepala Desa.

"Yah kuat dugaan digunakan untuk itu juga (Pilkades)," ujar Nuril.

Halaman:

Editor: Rizal Muhammadi

Sumber: Fakta Banten Online

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X