• Sabtu, 22 Januari 2022

4 Strategi Ampuh Agar Saran Anda Diikuti Orang Lain

- Selasa, 23 November 2021 | 17:07 WIB
Non aktifkan pikiran negatif  (pexels.com)
Non aktifkan pikiran negatif (pexels.com)

 

FAKTAIDN- Jika Anda memiliki saran yang hebat tetapi tak seorang pun mau mendengarkannya, apa yang kira-kira Anda alami? Anda mungkin sangat frustasi.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa selain dengan membangkitkan emosi-emosi yang kuat, akan lebih efektif bila Anda menawarkan rencana khusus berikut alur tindakan yang jelas dalam melakukannya.

 Baca Juga: 5 Alasan Umum Mengapa Wanita Merasa Tidak Didengar dan Tersinggung

Inilah 4 strategi ampuh agar saran Anda diikuti orang lain!

  1. Orang cenderung merespons solusi-solusi dengan senang hati jika mereka yakin bahwa rencana tindakannya berasal dari mereka. Cobalah untuk mengingatkan bahwa dialah yang mula-mula memiliki gagasan itu atau yang menginspirasi Anda untuk menyampaikan gagasan itu.
  2. Tunjukkanlah bahwa cara berpikir baru itu sangat konsisten dengan siapa dirinya.  Ingatkanlah dia tentang hal-hal lain yang telah dia lakukan, yang konsisten dengan keyakinan atau tindakannya saat ini. Semua manusia memiliki kebutuhan dasar berupa keteraturan dan konsistensi. Jika dia memandang gagasan itu sebagai kelanjutan, dan bukan penyimpangan dari, pemikirannya, maka peluang diterimanya saran Anda semakin besar.

 Baca Juga: Mengenal Jenis Tangisan Bayi Anda dari Bahasa Tubuhnya.

  1. Tak seorang pun mau mendengarkan saran dan seseorang yang sok tahu. Salah satu cara terbaik dalam memberikan saran adalah menunjukkan bahwa Anda sendiri tidak yakin bisa menjawab semua pertanyaan.Dengan begitu,Anda akan dianggap lebih tulus dan dapat dipercaya.Cara terbaik untuk mengungkapkan saran adalah,"Ada hal-hal kuketahui dengan menduga-duga, dan ada hal-hal yang kuketahui dengan persis. Dan, yang kuutarakan ini adalah hal yang benar-benar kuketahui".
  1. Terutama sekali, ingatlah bahwa antusiasme mudah menular. Semakin menarik dan antusias Anda dalam menyampaikan saran, semakin dia tertarik untuk mendengarkannya.

 

***

Editor: Angga Wijaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bantu Kemandirian Umat, LAZISKU Modali UMKM

Rabu, 19 Januari 2022 | 22:10 WIB

Kolerasi antara Bakat, Bukti, dan Bakti.

Selasa, 18 Januari 2022 | 16:13 WIB

Kisah Unik Nasrudin Hoja Bersembunyi dari Pencuri

Minggu, 9 Januari 2022 | 16:52 WIB

Catatan Akhir Tahun 2021 PWI Pusat

Jumat, 31 Desember 2021 | 15:43 WIB
X