• Sabtu, 13 Agustus 2022

Blokir Paypal, Steam, Hingga Epic Games, Menkominfo Digugat LBH Jakarta

- Senin, 1 Agustus 2022 | 07:42 WIB
LBH Jakarta akan Gugat Menkominfo akibat blokir aplikasi
LBH Jakarta akan Gugat Menkominfo akibat blokir aplikasi

 

FAKTAIDN - Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta menggugat Menteri Kementerian Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G. Plate sesudah dirinya memblokir beberapa situs seperti Paypal, Steam, Hingga Epic Games.

Diketahui tindakan Johnny dan jajaran kementeriannya tersebut mengikuti amanat terkait Penyelenggaraan Sistem Elektronik (PSE) yang tercantum dalam Peraturan Menteri (Permen) Kominfo Nomor 5 tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Sistem Elektronik Lingkup Privat.

Menurut Johnny, beberapa situs yang sering digunakan oleh masyarakat Indonesia khususnya, itu diblokir karena platform digital tersebut belum terdaftar sebagai PSE Lingkup Privat. Salah satunya Paypal yang tidak mendaftarkan diri sampai batas waktu yang ditentukan pihak kementerian yaitu kemarin, pada hari Jumat (29/7/2022).

Baca Juga: Inspirasi Nama Bayi Islami Perempuan, Cantik dan Sarat Makna, Yuk Disimak Bunda

Disatu sisi, LBH Jakarta sendiri menilai Permenkominfo Nomor 5 tahun 2020 ini merugikan banyak pihak. Sehingga pihaknya saat ini sedang menggugat Menkominfo itu sendiri.

Mereka juga menghimbau kepada seluruh masyarakat Indonesia yang merasa dirugikan untuk mencantumkan nominal kerugian yang dialaminya serta apa saja kerugiannya kepada LBH Jakarta.

Hal itu mereka sampaikan di akun twitter resmi @LBH_Jakarta pada Sabtu (30/7/2022).

Baca Juga: Profil dan Biodata Johny G Plate, Menkominfo yang Heboh Blokir Steam, PayPal Lengkap Agama, Umur dan Twitter

"LBH Jakarta mengajak kepada seluruh konten kreator, digital developer dan berbagai pihak yang dirugikan akibat Permenkominfo No 5/2020 untuk mengadukan kerugian-kerugian yang dialami termasuk represi kebebasan di ranah digital akbat kebijakan ini #BlokirKominfo," katanya pada laman resminya itu.

Halaman:

Editor: Rizal Muhammadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X