Survei SMRC: Massa Simpatisan Partai NasDem Memang Pilih Ganjar dan Anies

- Sabtu, 18 Juni 2022 | 14:11 WIB
Ini bacapres usulan Partai NasDem (Foto: Dok NasDem)
Ini bacapres usulan Partai NasDem (Foto: Dok NasDem)

FAKTAIDN - Umumnya pemilih Partai Nasional Demokrat (NasDem) mendukung Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan jika Pemilihan Presiden (Pilpres) dilakukan sekarang.

Demikian temuan survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) yang dipresentasikan Prof. Saiful Mujani dalam program Bedah Politik bersama Saiful Mujani episode ‘Pemilih NasDem Dukung Anies atau Ganjar?’ yang disiarkan melalui kanal YouTube SMRC TV, pada 18 Juni 2022 di Jakarta.

Hasil survei menunjukkan bahwa pemilih NasDem di 2019 yang akan memilih Ganjar jika Pilpres diadakan sekarang sebanyak 41 persen, yang akan memilih Anies 31 persen, Prabowo 12 persen.

Baca Juga: Lolos Seleksi Wilayah, Tim Robotik Untirta Akan Bertanding Tingkat Nasional di ITS

Menurut Saiful, data ini cukup koheren atau konsisten dengan opini yang dibangun oleh elit NasDem dalam rapat kerja nasional (Rakernas) baru-baru ini.

Walaupun urutan perolehan dukungannya berbeda, menurut dia, dua besar yang didukung oleh elit dan massa pemilih NasDem cukup konsisten.

“Secara umum, aspirasi yang dikembangkan oleh DPW NasDem cukup konsisten dengan pemilih NasDem sendiri. Artinya NasDem mendengarkan apa kata pemilih mereka sendiri,” kata pendiri SMRC tersebut dalam keterangannya.

Baca Juga: Tak Ada Nama Erick Thohir, Hanya 3 Bakal Capres Ini yang Direkomendasikan Partai NasDem untuk Pilpres 2024

Saiful menjelaskan, bahwa data ini menarik karena Ganjar adalah kader partai besar PDIP. Di media, Ganjar menyatakan bahwa dia adalah kader PDI Perjuangan. Ini menunjukkan NasDem cukup terbuka terhadap berbagai aspirasi yang berkembang dalam masyarakat.

Halaman:

Editor: Rizal Muhammadi

Sumber: SMRC TV

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemilu 2024, Kursi DPRD Banten Jadi 100?

Kamis, 30 Juni 2022 | 18:02 WIB

Jubir PRIMA: Megawati Gagal Paham Soal Papua

Jumat, 24 Juni 2022 | 19:35 WIB
X