• Sabtu, 13 Agustus 2022

BPIP: Pancasila Harus Menjadi Prinsip Dasar ASN

- Rabu, 6 Juli 2022 | 13:50 WIB
Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menyatakan bahwa Pancasila harus dijadikan prinsip dasar bagi setiap aparatur sipil negara (ASN). (Foto: Dokumentasi BPIP)
Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menyatakan bahwa Pancasila harus dijadikan prinsip dasar bagi setiap aparatur sipil negara (ASN). (Foto: Dokumentasi BPIP)

FAKTAIDN - Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menggelar Pendidikan dan Pelatihan Pembinaan Ideologi Pancasila bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kupang, Nusa Tenggara Timur, Selasa, (5/7).

Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah BPIP Antonius Benny Susetyo menegaskan Pancasila harus menjadi prinsip dasar dalam melaksanakan tugasnya (working ideology) dalam bekerja sebagai abdi negara.

“Tugas ASN adalah mengaplikasikan Pancasila dalam Logos atau pengetahuan, Ethos semangat bekerja dan Pathos kesetiakawanan serta menjadikan Pancasila sebagai acuan dalam bekerja” ujarnya saat membuka acara.

Menuruntnya dalam dunia digital kesadaran kritis kerap hilang, tanpa adanya pendidikan literasi akan menjadikan kita mekanis seperti robot.

Baca Juga: Ormas Islam di India Himbau Umat Muslim tidak Kurban Sapi

Ia juga menjelaskan saat ini ASN menghadapi era digitalisasi yang tidak mengenal ruang dan waktu harus menjadi kesempatan ASN dalam membumikan nilai-nilai Pancasila melalui ruang digital karena saat ini masih banyak ruang dan waktu itu disi oleh berita-berita bohong, ujar kebencian bahkan menurutnya hampir semua lini sudah terkena virus radikalisme yang ingin menggantikan Ideologi Pancasila dengan Ideologi yang lain melalui ruang digital.

“Dalam sejarah kita dapat belajar Ideologi Pancasila tidak hanya menjadi falsafah tetapi juga menjadi alat pemersatu, Pancasila menjadi dasar dari segala dasar dan sumber dari segala sumber” paparnya.

“orang Indonesia yang mengakui hidup di bumi Indonesia maka Ideologinya harus Pancasila dan menjadikan Pancasila sebagai living Ideologi” sambungnya.

Baca Juga: Realisasi Pendapatan Tinggi Meski Dikorupsi, Begini Jawaban Pj Gubernur Banten

Halaman:

Editor: Angga Wijaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jawara Banten: Ganjar Pranowo Presiden 2024

Selasa, 9 Agustus 2022 | 17:08 WIB

Desmond Siap Jadi Pesaing Airin di Pilgub Banten

Jumat, 5 Agustus 2022 | 13:48 WIB

Hadapi Pilgub Banten 2024, PKS Siapkan 3 Nama

Jumat, 5 Agustus 2022 | 07:01 WIB

Ratusan Tokoh Banten Dukung Ganjar Presiden 2024

Kamis, 28 Juli 2022 | 19:52 WIB

Pemilu 2024, Kursi DPRD Banten Jadi 100?

Kamis, 30 Juni 2022 | 18:02 WIB

Jubir PRIMA: Megawati Gagal Paham Soal Papua

Jumat, 24 Juni 2022 | 19:35 WIB
X