• Kamis, 8 Desember 2022

Survei: Puan Maharani Belum Kompetitif Jadi Capres

- Kamis, 15 September 2022 | 14:12 WIB
Puan Maharani  (Instagram @puanmaharaniri)
Puan Maharani (Instagram @puanmaharaniri)

FAKTAIDN - Puan Maharani belum kompetitif untuk maju sebagai calon presiden. Demikian temuan survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) bertajuk “Siapa Calon Presiden PDIP 2024?” yang ditayangkan melalui program ‘Bedah Politik bersama Saiful Mujani’ di kanal YouTube SMRC TV pada Kamis, 15 September 2022.

Hasil survei yang disampaikan pendiri SMRC, Prof. Saiful Mujani, tersebut menunjukkan bahwa dalam periode Maret 2021 sampai Agustus 2022 dengan format semi terbuka, pergerakan suara Puan tidak signifikan, dari 0,5 persen menjadi 1 persen.

Sementara Ganjar Pranowo bergerak dari 8,8 persen menjadi 25,5 persen, Prabowo dari 20 persen menjadi 16,7 persen, dan Anies Baswedan dari 11,2 persen menjadi 14,4 persen.

Baca Juga: Link Download Stumble Guys 0.40 Terbaru, Unlimited Token dan Gems, Ada Penjelasan Kekurangan dan Kelebihannya

Saiful menyatakan, bahwa PDIP adalah partai terbesar dan kalau tidak ada kesalahan kebijakan dan langkah-langkah politik yang keliru, kemungkinan PDIP akan kembali menjadi partai nomor satu di 2024. Dalam posisi seperti itu, akan sangat bagus, seperti sekarang, presidennya juga didukung oleh PDIP.

"Calon PDIP harusnya jadi. PDIP harus memilih orang dengan ekstra hati-hati. Dan ini, menurut dia, yang mungkin membuat sampai sekarang PDIP belum memutuskan. Mereka membutuhkan waktu yang lebih lama untuk memutuskan. Karena diharapkan calonnya adalah jadi. Dan logisnya partai apa pun dalam kontestasi menang," ujarnya dalam keterangan tertulis.

Lebih jauh Saiful menjelaskan bahwa Puan digadang-gadang untuk jadi calon, itu sangat logis karena beliau adalah pimpinan partai.

"Barangkali dia adalah orang kedua terpenting di PDIP setelah Megawati. Karena itu logis jika ada harapan dari elit atau dari Megawati sendiri agar Puan menjadi calon. Hanya saja, lanjut Saiful, harus dihitung kembali apakah Puan akan menang atau tidak. Bisa menang atau tidak bisa diperkirakan dari sekarang kemungkinannya," bebernya.

Baca Juga: Ratusan Masyarakat Desa Ciwaruga Kabupaten Bandung Barat Terima BLT BBM

Halaman:

Editor: Rizal Muhammadi

Sumber: SMRC TV

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jika Ganjar Dicalonkan Golkar, PDIP Perlu Hati-hati

Kamis, 17 November 2022 | 14:01 WIB
X